Cara Budidaya Jamur Yang Baik Dan Benar

cara-budidaya-jamur-merang

Cara Budidaya Jamur Yang Baik Dan Benar – Budidaya jamur tiram begitu pas untuk daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Investasi yang diperlukan untuk mengawali udaha budidaya jamur tiram cukup murah serta dapat dikerjakan bertahap. Sisi paling sulit yaitu bikin baglog, media tanam yang sudah diinokulaikan dengan bibit jamur.

Nama latin jamur tiram yaitu Pleurotus ostreatus, termasuk juga dalam grup Basidiomycota. Dimaksud jamur tiram lantaran bentuk tajuknya mirip kulit tiram. Berwarna putih berupa 1/2 lingkaran. Di alam bebas, jamur tiram putih umum diketemukan pada batang-batang kayu yang telah lapuk. Mungkin saja karenanya, jamur tiram kerap dimaksud jamur kayu.

Ada dua aktivitas paling utama dalam budidaya jamur tiram. Step awal yaitu bikin media tanam serta menginokulasikan bibit jamur kedalam media tanam itu. Hingga media ditumbuhi miselium berwarna putih seperti kapas. Step ke-2 yaitu menumbuhkan miselium itu jadi tubuh buah.

Untuk pendatang baru, umumnya mengawali aktivitas budidaya dengan menumbuhkan baglog jadi daging buah. Sesaat pengadaan, baglog yang siap tumbuh didapat dengan beli dari pihak lain. Setelah usaha budidayanya berkembang serta volumenya banyak, baru coba bikin baglog sendiri.

Dalam tulisan ini bakal, aku bakal membahas langkah yang perlu disiapkan untuk mengawali budidaya jamur tiram putih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s