Cara Memangkas Pohon Anggur Yang Baik Dan Benar

anggur

Cara Memangkas Pohon Anggur Yang Baik Dan Benar – Bagaimana langkahnya memotong pohon anggur yang benar? System pemangkasan yaitu satu di antara langkah yang terlebih dalam membudidayakan anggur untuk dapatkan hasil yang optimal. Pada dasarnya, system ini memiliki maksud untuk mengondisikan pohon anggur supaya keadaannya sama seperti waktu tanaman ini ada di habitat alaminya. Mengingat di Indonesia tidak ada musim gugur, jadi pengguguran daun harus dibantu oleh manusia.

Bukan hanya membantu pohon anggur untuk menghasilkan bunga dan buah, pemangkasan berguna juga untuk mengatur percabangannya. Langkahnya pastinya dengan mengatur bentuk segi judul tanaman. Tengah teknik pemangkasannya perlu sesuai sama sistem yang kita pakai dalam memotong pohon anggur ini.
Sedetailnya kami berikanlah beberapa teknik yang dapat ditangani untuk memotong tanaman anggur!

Teknik 1 : Head/Cane Pruning

Sudah lama beberapa orang di Indonesia terlebih yang memotong tanaman anggur menggunakan teknik ini. Awal mulanya, teknik ini hanya diterapkan untuk bikin judul dan merangsang pembuahan pada pohon anggur dari varietas wine. Namun berbarengan dengan berjalannya waktu, ada banyak petani yang cobalah memotong anggur dengan teknik ini. Pada prinsipnya, system pemangkasan ini memiliki maksud membuat perlindungan postur tanaman agar tetaplah kecil dan pendek. Jadi pohon anggur di buat bertajuk pendek sampai bisa berdiri dengan sendiri tidak ada pertolongan penyangga.

Teknik 2 : Spur Pruning

Spur pruning ditangani dengan memotong tanaman anggur supaya bentuk judul pohonnya ikuti jalur yang telah direncanakan. Jalur ini biasanya terbuat dari kawat penyangga yang disusun sedemikian rupa sampai bikin pagar. Anda bisa mengaplikasikan pemangkasan dengan teknik spur pruning untuk tanaman anggur yang dipelihara memakai sistem trelis dan sistem sebagian beberapa. Tentang langkahnya yaitu memotong sebagian segi tanaman serta hanya tersisa beberapa mata tunas di bagian cabang tersier.

Umumnya, cabang sekunder pohon anggur yang ditanam dengan sistem trelis akan ikuti jalur kawat yang sudah dibentangkan. Sebentar cabang tersier yang membawa cluster buah akan tumbuh lewat cara vertikal dari cabang sekunder sampai bikin semacam pagar. Seringkali dari cabang tersier itu akan tumbuh cabang tersier baru. Oleh karena itu, cabang tersier baru ini harus disingkirkan supaya tidak memboroskan nutrisi yang ada di dalam tanaman.

Setelah semua cabang tersier yang ada di bagian atas sudah dipangkas, langkah setelah itu Anda bisa memotong cabang tersier yang ada persis di cabang sekundernya. Lalu, buang juga cabang air yang biasanya tumbuh lewat cara acak dari cabang sekunder serta batang primer. Pekerjaan pemangkasan telah selesai bila ukuran cabang tersier sudah jadi lebih pendek dan semua cabang air telah dibuang.

Sekarang ini waktunya Anda menunggu tumbuhnya cabang-cabang tersier yang baru. Selama hidup menunggu jalan, Anda harus selalu buang semua cabang air yang tumbuh. Hal sejenis ini lantaran cabang air tidaklah cabang yang produktif, namun cabang yang dapat memboroskan cadangan nutrisi tanaman yang harusnya dialirkan ke pembentukan buah. Apabila semua rangkaian pemangkasan ini telah digerakkan dengan baik, tentu pohon anggur Anda dapat menghasilkan cluster buah dengan jumlah dan kualitas yang maksimal

Sumber Dari : http://teknikmenanam2016.blogspot.com/2016/11/teknik-memangkas-pohon-anggur-yang-baik.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s