Cara Menanam Daun Pandan Di Pekarangan Rumah

Pandan Wangi

Cara Menanam Daun Pandan Di Pekarangan Rumah – Untuk menanam daun pandan di pekarangan rumah, kamu membutuhkan keuletan sendiri. Sebab, meskipun tanaman ini di kenal gampang sekali berkembang biak, tetapi ketika pemeliharaan awal kamu butuh merawatnya dengan sungguh-sungguh supaya bibit pandan dapat menyesuaikan. Butuh di ketahui, pandan yaitu tanaman yang begitu suka pada air. Jadi, baiknya kamu menanam pandan ditempat yang mempunyai kelembapan tinggi serta menyiramnya dengan cara teratur.

Pandan

Di samping sebagai tanaman hias, pandan di kenal sebagai tanaman bumbu. Daun pandan mempunyai aroma wangi yang kuat serta khas hingga banyak yang memakainya sebagai penyedap makanan alami. Panda dapat digunakan untuk makanan serta minuman yang panas ataupun dingin.

Bagaimana panduan menanam pandan supaya tumbuh subur?

1. Tentukan Bibit yang Sehat serta Segar

Biasanya, pandan dikembangbiakan dengan cara vegetatif lewat anakan. Tentukan bibit pandang yang berkwalitas baik dari anakan yang sehat serta fresh. Potong anakan pandan itu dengan hati-hati, lalu selekasnya tanam ditempat yang berkelembaban tinggi.

2. Tanam Pandan di Tempat yang Lembab

Pandan yaitu satu diantara tanaman yang memerlukan air dalam jumlah yang cukup tinggi. Hal semacam ini dikarenakan oleh bentuk pandan yang berdaun banyak, ukurannya panjang serta lebar, hingga menyebabkan tingkat penguapannya tinggi. Oleh karenanya, lokasi penanaman yang terbaik untuk pelihara pandan yaitu ditempat yang lembab serta dekat sumber air. Janganlah lupa juga untuk menyiram pandan dengan teratur sejumlah 2 x satu hari.

3. Siram Pandan Sejumlah Dua Kali Sehari

Perawatan yang paling mendasar untuk tanaman pandan yaitu menyiramnya dengan teratur. Idealnya, pandan mesti disiram dengan frekwensi sejumlah 2 x satu hari. Tetapi bila cuaca tengah hujan, kamu dapat kurangi intensitas penyiraman itu supaya media tanam tidaklah terlalu lembab serta menyebabkan akarnya membusuk.

4. Berikanlah Pupuk Organik Satu bulan Sekali

Pandan harus juga di beri pupuk tiap-tiap satu bulan sekali supaya kandungan unsur hara di media tanam terbangun. Terbaik pakai pupuk organik seperti pupuk kandang serta pupuk kompos. Upayakan pemberian pupuk sesuai dengan panduan di paket hingga tak mengakibatkan kerusakan keadaan serta komposisi media tanam.

5. Kerjakan Pemangkasan Pada Anakan

Jika telah dapat beradaptasi pada lingkungan barunya, jadi pandan gampang sekali berkembang biak. Kurun waktu yang singkat saja tanaman pandan telah banyak penuhi tiap-tiap pojok pekarangan rumah. Itu penyebabnya diwajibkan memotong pandan agar perkembangan serta perubahannya tetaplah baik. Kerjakan pemangkasan pada pandan-pandan yang tumbuh tak prima, berumur tua, kurang subur, serta terlihat berpenyakit.

Sumber Dari : http://berkebun.id/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s